Ustadku

Hukum dan Keutamaan Menjengguk Orang Sakit Sesuai Hadist

Hukum dan Keutamaan Menjengguk Orang Sakit Sesuai Hadis

Sakit adalah salah satu cara Allah untuk menunjukan kasih sayang kepada setiap hambanya. Dalam ajaran islam pun sakit adalah menjadi cara Allah untuk mengampuni hamba-hambanya. Hal ini seperti yang terdapat dalam sebuah hadist, dimana Rasulullah SAW bersabdah,

“Setiap Muslim yang terkena musibah penyakit atau lainnya, pasti akan dihapuskan kesalahannya, sebagaimana pohon menggugurkan daun-daunnya” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu, orang yang sedang sakit harus berasabar melalui cobaanya dan terus berikhtiar kepada Allah, karena nantinya Allah akan memberikan kemudahan kepadanya.

Tidak hanya orang yang sakit, Allah SWT juga menjanjikan pahala bagi para umatnya uang pergi untuk menjengguk orang yang sakit, hal ini sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadist, dimana Rasulullah SAW bersabdah:

Hak muslim terhadap muslim yang lain ada lima, menjawab salam, menjenguk orang sakit, mengantarkan jenazah, memenuhi undangan, dan menjawab orang yang bersin (tasymith al-athis).” HR. Bukhari.

Dari hadits dapat disimpulkan jika menjengguk orang sakit adalah sunnah muakat atau atau sangat dianjur. Lalu keutamaan apa saja yang didapatkan oleh orang yang menjenguk orang sedang sakit sakit?

  • Dipesankan tempat di surga

Seorang Muslim yang menjenguk orang sakit dengan perasaan ikhlas karena Allah SWT, satu tempat di surga akan dipesankan untuknya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut.

Barangsiapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya semata-mata karena Allah, maka seorang penyeru akan menyeru: “Engkau telah berbuat baik dan berjalanmu pun baik serta engkau telah memesan sebuah tempat di surga.” (HR. al-Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah)

 

  • Didoakan oleh 70 ribu malaikat

Siapa yang menjenguk orang sakit terutama di pagi hari akan mendapatkan doa dari 70 ribu malaikat. Seperti yang tercantum dalam hadits berikut.

Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lainnya pada pagi hari, kecuali ia akan didoakan oleh tujuh puluh ribu Malaikat hingga sore hari. Jika dia menjenguknya pada sore hari, maka dia akan didoakan oleh tujuh puluh ribu Malaikat hingga pagi. Dan dia akan mendapatkan kebun di surga kelak.” (HR. Tirmizi dari Suwair)

 

  • Dibuatkan rumah di surga

Menjenguk orang sakit adalah perbuatan yang sangat mulia. Allah akan menyisihkan satu rumah di surga untuknya kelak. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menjenguk orang sakit, maka (Malaikat) dari langit memanggil, ‘Berbahagialah kamu dan sungguh baik langkahmu dan engkau menempati sebuah rumah di surga.” (HR. Ibnu Majah)