Ustadku

Keutaman Puasa 10 Hari di Bulan Rajab

 

Bulan Rajab disebutkan sebagai salah satu dari empat bulan mulia dalam Islam. Pada bulan Rajab, setiap amalan yang dilakukan akan bernilai pahala besar. Termasuk dengan amalan puasa sunnah.

Keistimewaan bulan Rajab bahkan disebutkan dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Arab-Latin: Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.

Dari Abu Hurairah (sahabat Nabi Muhammad SAW), Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."

Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut."

 

Berikut ini adalah  beberapa keutamaan lain dari puasa Rajab, antara lain:

1. Puasa sunnah bulan Rajab hari 1

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sehari di bulan Rajab murni karena Allah tanpa ada niat lainnya, maka akan selalu mendapat ridho agung Allah dan dijanjikan tempat surga Firdaus.

2. Puasa sunnah bulan Rajab hari 2

Bagi orang muslim yang melaksanakan puasa di bulan Rajab selama 2 hari, akan mendapatkan pahala dua kali hitungan semua gunung di dunia.

3. Puasa sunnah bulan Rajab hari 3

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah di bulan Rajab selama 3 hari, akan mendapat pahala penghalang neraka.

4. Puasa sunnah bulan Rajab hari 4

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 4 hari, maka akan mendapatkan pahala diselamatkan dari segala bala' yang menimpa serta diselamatkan dari fitnah Dajjal.

5. Puasa sunnah bulan Rajab hari 5

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 5 hari, maka akan mendapat ganjaran selamat dari siksa kubur.

6. Puasa sunnah bulan Rajab hari 6

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 6 hari, akan mendapat jaminan wajahnya bersinar saat keluar dari kubur sebagaimana sinar rembulan tanggal empat belas.

7. Puasa sunnah bulan Rajab hari 7

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 7 hari, maka akan mendapat pahala tertutupnya tujuh pintu neraka.

8. Puasa sunnah bulan Rajab hari 8

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama 8 hari, maka keutamaannya adalah dibukakan 8 pintu surga.

9. Puasa sunnah bulan Rajab hari 9

Bagi orang muslim yang menjalankan puasa sunnah bulan Rajab selama sembilan hari, maka keutamaannya adalah bangun dari kubur dan memanggil kalimat 'La ilaaha illallah' dan langsung masuk surga.

10. Puasa sunnah bulan Rajab hari 10

Sementara itu, bagi orang muslim yang berpuasa sunnah selama 10 hari di bulan Rajab, maka akan mendapat pahala jalan mulus menuju shiratal mustaqim.

 

Itulah beberapa keutamaan puasa di bulan Rajab yang memiliki sangat banyak keutamaan, jangan sampai semua keutamaan ini sia-sia karena kita malas mengerjakannya! Semoga kita semua bisa mengerjakan amal ini dan menjadi hamba Allah yang selalu taat dan semakin dekat dengan-Nya.