Ustadku

Golongan Orang yang Dirindukan Surga

Sahabat ustadku yang dimuliakan oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapatkan berkah terbaik dariNya.

Sebagai manusia biasa, kita sangat mendambakan agar bisa mendapatka surga. Namun, mendapatkan surga bukanlah hal yang mudah karena surga hanyalah tempat bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Ketahuilah, jika saat kita selalu berbuat kebaikan dan taat kepada Allah SWT, niscaya surgalah yang akan merindukan manusia tersebut. Lalu, seperti apa jenis manusia yang dirindukan oleh surga? Berikut adalah beberapa ciri orang yang dirindukan oleh surga.

 

  • Orang yang rajin membaca Al-Quran

Ciri golongan orang yang dirindukan oleh surga yang pertama adalah mereka yang selalu membaca Al-Quran. Seperti yang kita ketahui jika Al-Quran adalah kitab yang diturunkan Allah kapada nabi Muhammad sebagai petunjuk dan pedoman umat muslim.  Membaca Al-Quran adalah amalan yang sangat besar pahalanya dan amalan utama yang dilakukan umat muslim.

Orang yang tidak hanya membaca Al-Quran, tetapi juga mempelajari dan mengamalkanya adalah orang yang dirindukan oleh surga. Bahkan, menurut sebuah riwayat menjelaskan jika Al-Quran dapat menjadi penolong di hari akhir bagi orang yang membacanya. Rasulullah SAW bersabda,

“Bacalah Alquran, karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai pembela (pemberi syafaat) bagi orang yang mempelajari dan menaatinya.'' (HR Muslim)

 

  • Orang yang menjaga lisan

Setiap hal yang dikeluarkan dari lisan seseorang adalah sebuah cerminan orang tersebut. Jika orang yang selalu menggunakan lisannya untuk hal yang buruk maka, seperti itulah cerminan dirinya. Namun, jika orang yang selalu menjaga lisannya dan digunakan untuk mengatakan hal-hal baik dengan membaca Al-Quran, berzikir, berdoa kepada Allah, atau memberi nasehat yang baik kepada orang lain, maka orang ini adalah termasuk golongan yang dirindukan oleh surga.

Anjuran untuk menjaga lisan ini dijelaskan dalam beberapa riwayat. Dalam riwayat lain dari Abu Hurairah disebutkan dimana Rasulullah SAW bersabda,

"Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia berkata baik atau lebih baik diam (jika tidak mampu berkata baik)" (HR. Bukhari dan Muslim).

Rasulullah SAW juga bersabda,

سلامة الإنسان في حفظ اللسان

"Keselamatan manusia tergantung pada kemampuannya menjaga lisan." (HR. Bukhari).

 

  • Orang yang dermawan

Membagi harta yang kita miliki dengan orang yang membutuhkan adalah hal yang wajib dilakukan oleh seluruh umat muslim karena sesungguhnya harta yang kita miliki itu terdapat hak orang miskin. Hal ini dijelaskan dalam firman Allah dama surah Az-Zariyat ayat 19,

وَفِىٓ أَمْوَٰلِهِمْ حَقٌّ لِّلسَّآئِلِ وَٱلْمَحْرُومِ

Wa fī amwālihim ḥaqqul lis-sā`ili wal-maḥrụm

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.”

Orang yang selalu membagi hartanya dengan orang yang membutuhkan adalah salah satu golongan orang yang sangat dirindukan oleh surga. Sesungguhnya orang yang dermawan adalah orang yang dekat dengan Allah. Hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat dimana Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

السخي قريب من الله قريب من الناس والبخيل بعيد من الله بعيد من الناس ولسخي جاهل أحب الى الله من بخيل عابد

“Orang yang dermawan itu dekat kepada Allah dan dekat kepada manusia. Sedangkan orang yang kikir jauh dari Allah dan jauh dari manusia. Orang yang dermawan tapi bodoh lebih disukai oleh Allah daripada orang yang ahli ibadah tapi kikir.”

 

  • Orang yang puasa Ramadan

Puasa adalah suatu kewajiban bagi setiap muslim yang beriman dan amalan ini termasuk ke dalam rukun Islam. Puasa adalah amalan yang melatih agar kita bisa menahan hawa napsu dan terhindar dari perbuatan maksiat. Orang yang melakukan ibadah puasa Ramadan karena Allah adalah golongan orang yang sangat dirindukan oleh surga. Bahkan, dalam sebuah riwayat menjelaskan sebuah keutamaan orang yang berpuasa Ramadan dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar-Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa.” (HR. Bukhari no. 3257)

 

Itulah ciri golongan orang yang dirindukan oleh Surga, semoga kita bisa termasuk kedalam golongan orang-orang yang dirindukan oleh surga dan dijauhkan dari panas api neraka, semoga hal ini bisa bermanfaat.

Wasalamuallaikum wr, wb.