Ustadku

Cara Agar Khusyuk Saat Salat

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu berada dalam lindungan dan mendapatkan keberkahan dariNya.

Salat adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh semua umat muslim, perintah salat tertera dalam beberapa firman Allah dalam Al-Quran dan salah satunya adalah yang ada pada surah Hud ayat 14,

وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ طَرَفَىِ ٱلنَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ ٱلَّيْلِ ۚ إِنَّ ٱلْحَسَنَٰتِ يُذْهِبْنَ ٱلسَّيِّـَٔاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّٰكِرِينَ

Wa aqimiṣ-ṣalāta ṭarafayin-nahāri wa zulafam minal-laīl, innal-ḥasanāti yuż-hibnas-sayyi`āt, żālika żikrā liż-żākirīn

“Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.”

Pentingnya salat diibaratkan seperti tiang yang menopang agama Islam, hal ini dijelaskan dalam sebuah riwayat dimana Rasulullah SAW bersabda,

“Inti (pokok) segala perkara adalah islam dan tiangnya (penopang) adalah shalat.” (HR. Tarmidzi).

Melaksanakan salat jangan hanya sekedar untuk mengugurkan kewajiban, namun salat yang dilakukan harus dilakukan secara sunguh-sungguh dan tidak asal-asalan. Salat yang baik adalah saat kita bisa ikhlas dan khusyuk saat mengerjakannya. Lalu bagaimana cara agar kita bisa melaksanakan salat dengan khuyuk? Berikut adalah beberapa cara agar salat bisa menjadi khusyuk:

  • Mengikuti tata cara dengan benar

Cara pertama agar salat bisa dilakukan dengan khusyuk adalah dengan mengikuti tata cara salat dengan benar. Tata cara ini mulai dari dengan istinja yang benar, melakukan wudhu dengan sempurna, menggunakan pakaian yang baik dan benar. Kemudian yang memulai salat dengan perasaan ikhlas, dan mengerjakan salat dengan tidak terburu-buru, tentunya mengikuti kaidah kentuan salat yang benar lainya.

  • Membuat fikiran fokus

Saat salat hal yang sangat penting dilakukan adalah dengan fokus. Cara agar kita bisa fokus saat salat adalah dengan menghilangkan seluruh pikiran yang ada didunia dan hanya fokus dengan salat yang kita lakukan dan selalu mengingat jika saat salat kita sedang berhadapan dengan Allah SWT, maka hal itu bisa membuat kita fokus saat salat.

  • Memahami bacaan salat

Hal penting lainya agar kita bisa khusyuk saat salat adalah dengan memahami bacaan makna dari bacaan salat yang dibacakan. Saat salat cobalah memahami dan menghayati setiap ayat yang kita bacakan, jika perlu ingatlah arti dari bacaan salat yang kita lakukan agar bisa dengan sungguh-sungguh mengerti makna salat itu sendiri.

  • Lingkungan yang bersih dan nyaman

Salat dengan lingkungan yang bersih dan nyaman adalah salah satu faktor penting agar kita bisa menjalankan ibadah salat dengan Khusuk, saat melakukan ibadah ditempat yang bersih dan nyaman juga harus dibarengin dengan suasana yang tenang, maka jika hal ini terpenuhi maka akan tercipta suasana nyaman yang membuat kita lebih Khusyuk saat salat.

  • Membuat anggapan jika salat yang dikerjakan adalah salat terakhir

Cara terakhir yang dapat membuat kita khusyuk dalam salat adalah dengan membuat anggapan jika salat yang kita lakukan ini mungkin bisa menjadi salat terakhir yang kita lakukan. Saat kita mengingat kematian maka kita akan bisa lebih berkonsentasi dalam mengerjakan salat dan kita akan terdorong untuk mengerjakan ibadah lebih giat lagi. Karena sesungguhnya kematian bisa datang kapan saja dan dimana saja, untuk itu ingatalah selalu kematian.

Orang yang khusyuk dalam salatnya adalah orang-orang yang beruntung, sebagaimana yang dijelaskanan dalam firman Allah dalam surah Al-Mukmin ayat 1 dan 2,

قَدْ أَفْلَحَ ٱلْمُؤْمِنُونَ

ٱلَّذِينَ هُمْ فِى صَلَاتِهِمْ خَٰشِعُونَ

qad aflaḥal-mu`minụn (1) allażīna hum fī ṣalātihim khāsyi'ụn(2)

“Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (1) (yaitu) orang-orang yang khusyu' dalam sembahyangnya, (2)”

 

Semoga kita selalu menjadi umat yang selalu khusyuk dalam setiap salat yang kita laksanakan, agar kita bisa menjadi orang-orang yang bertuntung dan menjadi hamba yang selalu dicintai oleh Allah SWT. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat.

Wasalamuallaikum wr, wb.