Ustadku

Tips Agar Kuat Menjalani Puasa Ramadhan

Tips-tips agar kuat menjalani puasa Ramadhan.

Sahabat ustadku yang dirahmati oleh Allah SWT, semoga kita selalu mendapatkan rezeki yang terbaik dan selalu dilimpahkan keberkahan yang terbaik darinya.

Setiap tahunnya, umat islam di seluruh dunia diwajibkan melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Ibadah ini mengharuskan umat islam untuk menahan hawa nafsu mereka sejak terbit matahari, hingga terbenamnya matahari.

Bagi orang yang sudah terbiasa melaksanakan ibadah puasa sunnah di bulan biasa, tentunya itu tidak berat untuk mereka melaksanakannya. Namun, untuk orang-orang yang jarang atau tidak terbiasa melaksanakan ibadah puasa, tentunya puasa menjadi tantangan tersendiri untuk mereka.

Di bulan yang mau memasuki bulan Ramadhan ini, Tidak semua orang mudah beradaptasi saat melaksanakan puasa wajib tersebut, walaupun selalu dilakukan setiap tahun. Untuk membantu sahabat ustadku dalam mengatasi kesulitan dalam memulai puasa di bulan Ramadhan. Berikut kami sajikan beberapa tips agar sahabat Ustadku lebih kuat menjalani puasa di bulan Ramadhan.

Tanam & kuatkan niat.

Tips pertama untuk sahabat ustadku adalah tanam & kuatkan niat. Sebelum mulai memasuki bulan puasa, alangkah baiknya sahabat Ustadku tanamkan niat berpuasa dari waktu subuh hingga waktu berbuka tiba. Jika sekiranya ada godaan saat menjalankan, saatnya menguatkan niat dengan mengingat niat berpuasa sahabat ustadku untuk memperoleh pahala dan keberkahan Allah SWT.

Jaga tubuh tetap terhidrasi.

Ahli nutrisi bersertifikat Lula Alarmali, memberikan tips jaga tubuh agar tetap terhidrasi agar kuat menjalani puasa.

Sangat disarankan, untuk tidak meminum air sekaligus banyak pada saat waktu terakhir sahur. Tetapi, usahakan minum air sebanyak 200 sampai 500 ml secara teratur, selama kurun waktu berbuka hingga sahur. Karna jika mengkonsumsi air dalam satu waktu akan membuat tubuh terkejut

Gunakan waktu untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat.

Sahabat ustadku, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan membatasi kegiatan karena lapar. Sikap bermalas-malasan itu pun membuat seseorang tidak produktif atau tidak memanfaatkan waktunya.

imam Al-Harits Al-Muhasibi memberi nasihat bahwa

"Produktifkanlah waktu-waktu dan ketahuilah apa saja yang hilang dari waktumu, siang dan malamnya," (Imam Al Harits Al-Muhasibi, Risalah Al Mustarsyidi, Dar El-Salam halaman 144).

Merujuk pada nasihat tersebut, setiap orang dianjurkan untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Pasalnya waktu juga merupakan salah satu nikmat dari Sang Pencipta yang seringkali kita abaikan.

Di bulan yang mau memasuki Ramadhan ini, baiknya nanti kita gunakan waktu kita saat menjalani ibadah puasa dengan mengisi waktu yang ada, dimaksudkan agar mengalihkan pikiran agar terhindar dari rasa lapar dan haus.

Lakukan olahraga ringan.

Berolahraga adalah aktivitas menyehatkan yang perlu di lakukan saat puasa. Pilihlah olahraga yang ringan & tidak terlalu intens, seperti jalan kaki, jogging, yoga.

Ini bertujuan agar badan kita tetap bergerak dan menjadi bugar di bulan Ramadhan, sehingga kita menjadi lebih kuat dalam menjalaninya.

Hindari mengonsumsi gula secara berlebih.

Sahabat Ustadku, mengonsumsi makanan & minuman manis yang mengandung gula mungkin terasa nikmat. Faktanya, gula memang bisa memberikan energi untuk anda. Namun, energi yang dihasilkan bersifat temporer atau tidak bertahan lama.

Karna, mengonsumsi gula dan karbohidrat berlebihan dapat memicu meningkatnya produksi insulin dalam tubuh. Hal ini, membuat tubuh menginginkan asupan gula lebih banyak lagi.

Agar terhindar dari hal diatas, Ustadku menyarankan mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein dan lemak sehat, saat sahur maupun berbuka.

Itulah beberapa tips dari Ustadku agar kalian lebih kuat menjalani Ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. Simak artikel dan kajian lainnya dari Ustadku untuk memudahkan mendapat ilmu-ilmu agama islam.

Sahabat ustadku sekalian, itulah tipsyang bisa di lakukan agar kita semua tetep kuat dalam menjalani ibadah puasa tahun ini. Semoga hal ini bisa bermanfaat.

Wasalamualikum Warahmatullahi Wabarakatu.